Selasa, 19 Maret, 2024

Mentan SYL Bersama Komisi IV DPR Sambangi Desa Terdampak Semeru

MONITOR, Lumajang – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Anggota Komisi IV DPR RI, Charles Meikyansah mengunjungi Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa, 7 Desember 2021.

Di sana, Mentan menyambangi pengungsi yang berada di posko dan menyaksikan langsung upaya penanganan pasca kejadian bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru yang dilakukan oleh pemerintah, pelaku usaha serta masyarakat.

Menurut Mentan hal utama yang menjadi prioritas untuk dilakukan adalah langkah penyelamatan.

“Masih banyak saudara-saudara kita yang harus dievakuasi, harus kita selamatkan nyawanya sebagaimana arahan Bapak Presiden Joko Widodo,” ujar Mentan.

- Advertisement -

Selain itu, Mentan melanjutkan bahwa bukan hanya manusia yang harus diselamatkan tapi makhluk hidup lain seperti tanaman dan hewan ternak juga harus diperlakukan sama.

“Kita tadi sudah sepakat untuk membuat kandang pengungsian terpusat dan ada juga spot-spot di beberapa tempat yang nantinya masih dalam kendali kita,” katanya.

Seluruh pengendalian yang berkaitan dengan tiga agenda Kementerian Pertanian nantinya akan dipusatkan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

“Agenda pertama yaitu agenda darurat seperti yang dilakukan hari ini, agenda berikutnya adalah agenda temporary, menyelamatkan apa yang bisa diselamatkan kemudian melakukan recovery, apa yang bisa ditanam, agenda ketiga yaitu agenda permanen, perbaikan irigasi dan yang lainnya,” imbuh Mentan.

Pada kunjungan tersebut, secara simbolis Mentan memberikan bantuan, benih jagung, benih padi, bibit kopi arabika untuk luasan 847 hektar. Bantuan ternak berupa sapi dan kambing sejumlah 174 ekor, serta rumput, pakan ternak, konsentrat dan obat-obatan. Selain itu juga masyarakat terdampak mendapatkan bantuan berupa traktor roda empat, traktor roda dua dan hand sprayer.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER