Jumat, 19 April, 2024

Mardani: Indonesia Jangan Kecolongan Masuknya Omicron

MONITOR, Jakarta – Varian baru virus Corona Omicron sudah menyebar ke 13 negara, diantaranya Jerman, Belgia, Inggris sampai Australia. Kasus ini perlu diwaspadai, agar tidak mudah masuk ke wilayah Indonesia.

Politikus PKS Mardani Ali Sera menyatakan Indonesia memiliki rekam jejak buruk dalam menangani varian Delta kala itu, ketika menyebar dari India. Mardani pun meminta agar pemerintah mengantisipasi sedini mungkin agar tidak kembali kecolongan.

“Kesalahan tersebut jangan sampai terulang. Penutupan pintu bagi masukan warga asing hendaknya jangan hanya terbatas pada 10 negara Afrika dan Hongkong, tapi perlu mencakup negara-negara lainnya,” ujar Mardani Ali Sera dalam keterangannya, Sabtu (4/12/2021).

Anggota Komisi II DPR RI ini menjelaskan, selain itu pemerintah juga harus memastikan proses tracing dan tracking dijalankan semaksimal mungkin untuk meminimalisasi efek buruk.

- Advertisement -

“Pemberlakuan ini untuk seluruh wilayah di Indonesia karena kerap terjadi kedatangan WNA tanpa melalui Bandara Internasional,” terangnya.

Dikatakan Mardani, salah satu langkah penting adanya tindakan pengawasan penyakit. Dana serta fasilitas bagi peneliti di lembaga penelitian, RS, hingga kampus wajib pemerintah sediakan agar ke depan, bisa jd basis ilmiah dlm mengambil kebijakan terkait pandemi.

“Melalui basis pengetahuan, timbulnya kebijakan ‘gegabah’ dalam menghalau serangan Omicron bisa kita minimalkan. Komitmen pemerintah harus dibuktikan dalam pelaksanaan/penerapannya. Jangan pilih kasih, apalagi menjadikan peraturan sebagai macan kertas,” tukas Mardani.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER