Jumat, 21 Januari, 2022

Jokowi Minta Dukungan Kadin di Forum Presidensi G20

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta dukungan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk mendetailkan kebijakan-kebijakan pemerintah, terutama yang akan menjadi fokus Indonesia pada presidensi G20 yang dimulai sejak 1 Desember 2021.

Hal tersebut disampaikan Jokowi ketika membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin Indonesia tahun 2021 di Bali, Jumat (3/12/2021).

Dikatakan Jokowi, fokus Indonesia saat ini mengenai arsitektur kesehatan global, transisi energi menuju energi yang hijau dan berkelanjutan, dan digitalisasi.

“Saat ini bandul ekonomi dunia mulai bergerak ke arah ekonomi hijau. Kalau misalnya nanti, entah dua tahun, tiga tahun, atau lima tahun lagi, Eropa misalnya hanya menerima produk-produk hijau yang dihasilkan dari renewable energy dan kita belum siap, bagaimana kita mau mengekspor barang-barang kita? Begitu mereka mulai, negara lain pasti juga akan memulai,” kata Jokowi dalam pidatonya.

- Advertisement -

Oleh karena itu, Jokowi menyatakan bangsa Indonesia harus segera menyesuaikan agar ketika dunia hanya menerima produk-produk yang dihasilkan energi terbarukan, Indonesia sudah siap.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER