BUMN

Jasa Marga Raih Tiga Predikat Jalan Tol dan Rest Area Terbaik

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali meraih predikat Jalan Tol Terbaik, kali ini untuk tiga jalan tol yang dikelolanya, yaitu Jalan Tol Jagorawi, Jalan Tol Sedyatmo dan Jalan Tol Pandaan-Malang, dalam rangka penilaian Jalan Tol Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Di tahun ini, Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasamarga Related Business (JMRB), juga menorehkan prestasi baru yakni dengan meraih Peringkat II Rest Area terbaik untuk Rest Area Km 88 B Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dalam perayaan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-76 pada Jumat (03/12). Turut hadir mendampingi Subakti, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division Head Jasa Marga Bagus Cahya A.B, Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Netty Renova, Direktur Utama PT Trans Marga Jateng (TMJ) Denny Chandra Irawan dan Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyampaikan rasa syukurnya atas apresiasi yang diberikan oleh Kementerian PUPR terhadap pengelolaan jalan tol oleh Jasa Marga Group.

“Alhamdulillah, tahun ini kami kembali diberi kepercayaan untuk menyandang predikat Jalan Tol Terbaik dengan jumlah ruas jalan tol yang meraih predikat ini terus bertambah tiap tahunnya. Tahun ini pun pencapaian Jasa Marga juga dilengkapi dengan penambahan predikat Rest Area Terbaik yang dikelola oleh PT JMRB. Hal ini semakin memotivasi kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jalan,” ujar Subakti.

Subakti menambahkan, Jasa Marga sebagai leader dalam industri jalan tol juga akan terus memprioritaskan pembangunan dan operasional jalan tol yang berkelanjutan.

“Jalan tol sebagai sarana penghubung antar daerah di Indonesia, memang sejatinya harus memperhatikan aspek keberlanjutan. Keberadaan jalan tol dengan masa konsesi yang panjang juga harus memberikan manfaat yang sama baiknya untuk daerah-daerah yang dilewatinya. Maka dari itu Jasa Marga terus berkomitmen agar setiap jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group bisa menjadi percontohan untuk jalan tol yang berkelanjutan di Indonesia,” tambahnya.

JMT Regional Division Head Jasa Marga Bagus Cahya A.B selaku pengelola Jalan Tol Jagorawi dan Sedyatmo menjelaskan, Penilaian Jalan Tol Berkelanjutan Kementerian PUPR merupakan salah satu alat ukur dan evaluasi terhadap pelayanan operasional jalan tol dan pencapaian inovasi yang meliputi aspek penghijauan, promosi lokal dan pariwisata serta pengoperasian jalan tol yang ramah lingkungan.

“Jasa Marga secara konsisten dan berkesinambungan selalu meningkatkan layanan kepada pengguna jalan. Peningkatan layanan ini meliputi aspek kelancaran, aspek kenyamanan, dan aspek keselamatan yang berkelanjutan,” ujar Bagus.

Senada dengan Bagus, Direkur Utama PT JPM Netty Renova, juga terus berupaya memastikan peningkatan pelayanan di Jalan Tol Pandaan-Malang, yang merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang meraih sertifikat Green Toll Road Indonesia dengan predikat Gold.

“Penilaian ini dilakukan sebagai bagian dari usaha transformasi, inovasi dan modernisasi jalan tol yang dilakukan oleh PT JPM. Hal ini menunjukkan komitmen Jasa Marga dalam menjalankan bisnis jalan tol juga harus tetap memiliki kontribusi positif pada lingkungan dan masyarakat di sekitar jalan tol,” ujar Netty.

Selain itu, keberadaan layanan tempat istirahat atau rest area di jalan tol merupakan layanan yang terintegrasi sebagai satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso menjelaskan, rest area selain berfungsi sebagai tempat istirahat, dapat juga dijadikan sebagai objek wisata lokal yang memiliki karakteristik serta estetika lingkungan.

Selain itu, rest area juga diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan wilayah di sekitarnya, salah satunya dengan mengutamakan ketersediaan ruang usaha untuk para pemilik Usaha Mikro Kecil (UMK) di rest area.

“Saya mewakili PT JMRB mengucapkan terima kasih atas penghargaan dan kepercayaan yang diberikan kepada Rest Area KM 88 B Ruas Cipularang sebagai salah satu rest area yang terbaik. Saya berharap, penghargaan ini menjadi pemicu bagi kami sebagai pengelola Rest Area Travoy untuk selalu memberikan pelayan terbaik bagi pengguna jalan tol. Selain itu, rest area juga harus mampu menjadi wadah bagi para pelaku UKM dan sebagai roda penggerak ekonomi bagi masyarakat sekitar,” tutup Cahyo.

Tidak hanya yang dikelola oleh PT JMRB, PT TMJ juga meraih predikat Rest Area terbaik untuk sejumlah rest area yang ada di Jalan Tol Semarang-Solo, baik yang dikelola oleh PT TMJ maupun yang dikelola oleh mitra.


Recent Posts

Menag Ajak Umat Teladani Kepribadian Nabi

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Nasaruddin Umar mengajak umat Islam untuk meneladani kepribadian Nabi Muhammad…

4 jam yang lalu

Dipimpin Puan, Reformasi DPR Diawali Gebrakan Progresif

MONITOR, Jakarta - Langkah DPR RI berbenah diri di bawah kepemimpinan Ketua DPR Puan Maharani…

9 jam yang lalu

Nadiem jadi Tersangka, JPPI: Pendidikan Harus Dibersihkan dari Gurita Korupsi

MONITOR, Jakarta - Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia, Ubaid Matraji mengatakan penetapan Eks Mendikbudristek…

10 jam yang lalu

Gagal Lolos Parlemen, Mardiono Dinilai Tak Layak Pimpin PPP Lagi

MONITOR, Jakarta - Politisi senior PPP Jakarta yang juga eks Anggota DPRD DKI Jakarta dua…

12 jam yang lalu

Prof Rokhmin Dahuri serukan Aksi Kolektif selamatkan DAS Cimanuk – Citanduy

MONITOR, Indramayu - Anggota DPR RI 2024–2029, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri menyerukan aksi kolektif…

14 jam yang lalu

Peringati Maulid, Menag Kenalkan Konsep Ekoteologi pada Presiden dan Wapres

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Nasaruddin Umar menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1447 Hijriah…

15 jam yang lalu