Jumat, 26 April, 2024

Cegah Varian Omicron, Cak Imin Minta Akses Masuk WNA Ditutup

MONITOR, Jakarta – Merebaknya varian baru Covid-19 ‘Omicron’ di berbagai negara di selatan Afrika harus diantisipasi. Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar, meminta pemerintah segera mempertimbangkan penutupan akses kedatangan warga negara asing, baik di pintu masuk bandara, pelabuhan maupun perbatasan negara.

“Saya kira perlu dipertimbangkan (penutupan akses kedatangan WNA). Kita lihat Sejumlah negara mulai menutup akses, terutama dari negara-negara di Afrika Selatan,” ujar Cak Imin, sapaan karibnya, dalam keterangan tertulis, Senin (29/11/2021).

Cak Imin menilai sejauh ini upaya pemerintah memperketat akses kedatangan pelancong internasional ke Indonesia belum cukup maksimal. Ia berharap pemerintah bisa memperketat peluang masuknya WNA ke Indonesia.

“Kita ini sudah dua kali mengalami lonjakan kasus dan itu karena dibawa WNA atau WNI yang baru balik dari luar negeri. Saya kira ini pelajaran, jangan sampai ada anggapan imported cases berisiko kecil, justru membahayakan dan kian memperberat penanganan pandemi,” ujar Ketua Umum PKB ini.

- Advertisement -

Tak hanya itu, Cak Imin juga mendukung penuh pemerintah menerapkan PPKM Level 3 dari tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Kebijakan itu dinilainya sebagai langkah antisipatif melindungi masyarakat dari penularan Covid-19, pada libur Natal dan Tahun Baru.

“Saya dukung penambahan masa karantina dan juga PPKM Level 3 saat Nataru. Pokoknya jangan sampai menyebabkan kasus Covid-19 kembali naik saat libur Nataru. Akibatnya akan berdampak buruk bukan dari sisi kesehatan saja tapi perekonomian jadi tidak berjalan,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER