Selasa, 7 Desember, 2021

Puan Minta Kesejahteraan Guru Honorer Diperhatikan

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani bersyukur tingkat kesejahteraan guru kini berangsur membaik. Meskipun, diakui Puan, masih banyak guru-guru di daerah terutama kalangan honorer yang belum mendapatkan kesejahteraan yang layak.

“Guru adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Dedikasi mereka adalah perjuangan tanpa batas yang tak kenal kata menyerah. Maka sudah menjadi kewajiban negara untuk memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi para guru,” ujar Puan Maharani, dalam peringatan Hari Guru Nasional 2022 kemarin.

Puan berharap nasib guru honorer diberikan perhatian lebih oleh pemerintah. Apalagi, para guru honorer yang telah lama mengabdi. Kendati demikian, Puan mengapresiasi pemerintah yang sudah memberikan afirmasi terhadap guru honoror yang mengikuti seleksi aparatur sipil negara (ASN) dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Kami mendorong agar pemerintah semakin mempermudah seleksi untuk guru honorer yang telah lama mendedikasian dirinya untuk mendidik anak-anak kita,” sebut Puan.

- Advertisement -

Dikatakan Puan, adanya penambahan afirmasi dalam seleksi PPPK ini akan menjadi bentuk penghargaan negara terhadap dedikasi guru honorer. Sebab seperti diketahui, kesejahteraan guru-guru honorer terbilang masih sangat kecil.

“Banyak sekali kita dengar bagaimana perjuangan guru-guru honorer, khususnya di daerah pelosok negeri, yang gajinya bahkan tak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya,” terangnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER