Selasa, 7 Desember, 2021

Stafsus Presiden Sebut MUI Masih Dibutuhkan Umat

MONITOR, Jakarta – Staf Khusus Presiden Aminuddin Maruf menyatakan keberadaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan terus dibutuhkan oleh umat Islam dan Negara. Pernyataan ini merespon wacana pembubaran MUI, usai salah satu anggotanya tertangkap Densus 88 terkait kasus terorisme.

Aminuddin menilai pemerintah berpandangan bahwa MUI adalah lembaga yang sangat penting dalam menjaga akidah, moral, dan akhlak ummat.

Menurutnya, pemerintah sangat meyakini dan memercayai komitmen MUI terhadap NKRI dan pemberantasan terorisme. Makanya, salah satu bentuk komitmen MUI adalah dibentuknya Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme (BPET).

“Penangkapan anggota MUI kemarin bukanlah bagian dari aktivitas organisasi, tapi aktivitas personal yang wajib dipertanggungjawabkan secara personal. Jangan kesalahan personal dibebankan kepada organisasi yang di dalamnya terdapat ribuan ulama moderat dari pusat hingga kabupaten/kota,” jelas mantan Ketua Umum PB PMII.

- Advertisement -

Meski begitu, Aminuddin percaya bahwa kasus ini akan menjadi momentum bagi MUI untuk melakukan konsolidasi di kalangan internal, agar tidak terjadi peristiwa serupa.

“Karena MUI adalah pegangan ummat dalam menghadapi berbagai masalah yang semakin kompleks. Kita masih sangat membutuhkan MUI,” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER