Senin, 29 November, 2021

PKS: KPU Harus Tegas Tentukan Waktu Pemungutan Suara Pemilu

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera, memiliki harapan agar jadwal usulan pemerintah dan KPU RI terkait kepastian penyelenggaraan Pemilu 2024 menemukan titik temu.

Dengan adanya kerangka waktu yang jelas, Mardani menyatakan pihak penyelenggara pemilu memiliki kesempatan untuk menyiapkan semua perangkat lebih awal dan lebih berkualitas.

“KPU perlu lebih tegas untuk menentukan sikap, karena sesuai UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, KPU punya kewenangan penuh untuk menentukan hari pemungutan suara dan berbagai tahapan pemilu,” ujar Mardani dalam keterangannya, Selasa (16/11/2021).

Selain itu, Ketua DPP PKS ini menilai KPU merupakan lembaga penyelenggara pemilu yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri.

- Advertisement -

Lebih jauh Mardani menegaskan, penetapan jadwal Pemilu penting sejak awal ditetapkan agar tidak terkontaminasi isu-isu liar ditengah publik.

“Penetapan waktu pemungutan suara Pemilu 2024 kian penting untuk segera mengakhiri berbagai isu miring dan keresahan publik. Salah satunya adalah demi memperpanjang masa jabatan pemerintahan saat ini sampai 2027 mendatang,” pungkas Mardani.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER