Senin, 29 November, 2021

Bunda, Ini Manfaat Penting Vaksinasi untuk Anak

MONITOR, Jakarta – Pemerintah secara resmi memberikan vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Memang sih, ada banyak manfaat yang akan didapatkan jika anak-anak mendapatkan vaksin. Namun, sebelumnya orang tua harus mempersiapkan beberapa hal sebelum anak mereka melakukan vaksinasi.

Perlu diketahui, anak-anak bisa mendapatkan vaksin apabila mereka dalam keadaan sehat dan tidak memiliki keluhan apapun. Baik itu batuk, pilek, panas, memiliki autoimun, memiliki penyakit bawaan, dan lain sebagainya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Vaksin

Sebelum anak-anak melakukan vaksin, ada baiknya agar mereka memperhatikan beberapa hal. Apa saja? Jika ada yang bertanya apakah terdapat pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi, jawabannya adalah tidak. Sebab, yang terpenting adalah anak-anak harus makan dengan benar agar bisa meningkatkan daya tahan tubuh setelah melakukan vaksinasi.

- Advertisement -

Bagi orang tua, mereka bisa memastikan anak-anak apakah anak-anak memiliki keluhan penyakit serius atau tidak. Selain itu, baiknya anak-anak makan terlebih dahulu sebelum menjalani vaksinasi. Tidak disarankan untuk vaksinasi dalam keadaan perut kosong dan belum terisi makanan apapun.

Manfaat Vaksinasi untuk Anak

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari vaksinasi covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Berikut ulasannya:

1. Melindungi Orang Dewasa dari Virus Covid-19
Disadari atau tidak, vaksinasi pada anak-anak dapat memberikan manfaat yang baik bagi orang-orang di sekitarnya. Apakah itu? Salah satunya dapat melindungi orang dewasa agar tidak terpapar virus Covid-19..

Dalam kata lain, vaksinasi anak sekaligus melindungi orang dewasa yang belum bisa vaksinasi atau memang belum mendapatkan jadwal untuk vaksinasi.

2. Tidak Mudah Tertular Virus Covid-19

Manfaat lain dari vaksinasi anak adalah  melindungi kelompok anak usia dibawahnya agar mereka tidak mudah tertular virus Covid-19. Khususnya saat mereka berada di rumah.

Mungkin saja, banyak dari kelompok tersebut yang memiliki saudara yang usianya masih balita, dan belum bisa divaksinasi.

3. Meningkatkan Capaian Herd Immunity

Vaksinasi pada anak-anak juga dapat berkontribusi secara nyata pada Capaian kekebalan kelompok atau herd immunity. Sebagai informasi, proporsi anak-anak usia 5-14 tahun sendiri mencapai 44 juta dari 272 juta total populasi Indonesia.

Dengan kata lain, vaksinasi anak bisa memberikan proteksi yang lebih baik dari virus Covid-19.

4. Mencegah Risiko Penyebaran Varian Baru Covid-19

Vaksinasi pada anak juga dapat mencegah dan terlindungi anak-anak dari penyebaran varian baru Covid-19. Hal ini menjadi sesuatu yang penting, karena saat ini sudah banyak kelonggaran aktivitas yang mulai diizinkan oleh pemerintah pusat.

Perbedaan Vaksin untuk Anak Usia 6-11 Tahun dan 18+

Sebetulnya vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Vaksin yang digunakan pun tetap sama, sesuai yang diizinkan di negara ini.

Namun, pada dasarnya program vaksinasi anak harus segera direalisasikan guna membentuk herd immunity.

Menurut secuil informasi, anak-anak usia 12-17 tahun akan diberikan vaksin Sinovac, karena sudah teruji klinis pada fase 1 dan fase 2 pada anak usia 3-17 tahun di Zanhuang, Cina.

Adapun untuk pemberian vaksinnya sendiri nantinya diberikan dengan dosis 0,5 ml. Selanjutnya, jarak antara vaksin anak untuk dosis pertama dengan dosis kedua yakni satu bulan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER