Selasa, 18 Januari, 2022

Ketimbang jadi Lahan Bisnis, Komisi IX Usul Gratiskan Tes PCR

MONITOR, Jakarta – Menyikapi isu adanya bisnis alat tes polymerase chain reaction (PCR) yang diduga dilakukan pejabat negara, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Ansory Siregar mengusulkan wacana menggratiskan tes PCR ini bagi masyarakat.

“Jangan sampai kita mendengar lagi Bapak Menkes (Menteri Kesehatan) yang sebelumnya dari BUMN dan wakil dari keuangan juga, cukuplah sudah dugaan-dugaan (permainan tes PCR),” ujar Ansory tegas, dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI dengan Menteri Kesehatan RI, Senin (8/11/2021).

Legislator PKS ini pun mempertanyakan harga tes PCR di masyarakat yang bervariasi. Menurutnya upaya penggratisan tes PCR menjadi solusi yang tepat untuk meredakan situasi terhadap hal tersebut.

“Kita gratiskan PCR itu, antigen kalau perlu kita gratiskan untuk sementara. Kita  lihat perkembangan sebulan ini, apa ada (pihak yang) teriak-teriak, atau apakah ada perkembangan nggak ini? Kira kira ada keterpaparan baru tidak, kira-kira keterpaparan meningkat tidak, kita lihat. Apa kaitannya,” terangnya.

- Advertisement -

Sebagaimana diketahui, usulan mengenai penggratisan tes PCR ini disuarakan banyak pihak. Diantaranya Anggota Ombudsman RI Robert Endi Jaweng. Ia menilai, seharusnya tes laboratorium PCR untuk mendeteksi Covid-19 di Indonesia bisa digratiskan. Tak hanya itu, Epidemiolog dari Universitas Hasanuddin Prof Ridwan Amiruddin mendukung upaya pemerintah dan swasta dalam menekan harga PCR.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER