Selasa, 7 Desember, 2021

Khofifah Minta Warga Jatim Siaga Hadapi Fenomena La Nina

MONITOR, Malang – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terus memantau proses evakuasi dalam penanganan bencana alam banjir bandang di Kota Batu, Jawa Timur.

Dalam lawatannya, Khofifah mengungkapkan keberadaan dapur umum lapangan sudah dioperasikan sejak Kamis (4/11/2021) malam. Dapur itu berfungsi melayani para pengungsi serta tim relawan.

“Untuk tempat pengsian sebagian besar mereka memilih di rumah keluarga dan rumah RW. Saat ini sedang dimaksimalkan pembersihan sampah melalui eskavator dan dump truck agar lebih cepat,” kata Khofifah Indar Parawansa.

Mantan Menteri Sosial ini meminta kepada seluruh masyarakat Jawa Timur untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiap-siagaan terhadap fenomena La Nina, yang diprakirakan mencapai puncaknya di penghujung tahun 2021.

- Advertisement -

Dimana, BMKG juga telah mewanti-wanti terhadap potensi bencana hidrometeorologi (banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dsb) akibat meningkatnya curah hujan yang diprediksi mencapai 20-70 persen.

“Ayo, bersihkan saluran-saluran air di lingkungan rumah masing-masing, pangkas pohon yang rawan tumbang/ roboh, pastikan selokan tidak mampet, dan stop buang sampah ke sungai apapun itu jenisnya,” ajak Khofifah.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER