Senin, 4 Juli, 2022

Emil Salim Kecewa Generasi Tua Tak Peduli Isu Perubahan Iklim

MONITOR, Jakarta РTokoh nasional dan pemerhati lingkungan, Prof Emil Salim mengatakan, kerusakan lingkungan di Indonesia sangat mengkhawatirkan akibat perilaku generasi tua dalam mengeksplorasi sumber daya alam. Misalnya, penggunaan batubara dan energi terbarukan lainnya, sehingga meningkatkan pencemaran karbon dioksida CO2. 

“Kita sayangkan generasi tua dan para pemimpin bangsa tidak bersuara terhadap dampak perubahan iklim. Kewajiban moral kita menjamin generasi muda tidak menderita akibat kebijakan pembangunan yang sekarang kita lakukan,” kata Emil Salim, dalam sebuah diskusi daring yang digelar Gelora Indonesia, Rabu (3/11/2021).

Guna menyelamatkan masa depan generasi muda, kata Emil Salim, pemerintah perlu meninggalkan penggunaan batubara dalam kebutuhan energi listrik, misalnya  karena merusak lingkungan dan menimbulkan efek gas rumah kaca.

Menurut Emil Salim, lebih baik beralih untuk menggunakan energi matahari dan angin. 

- Advertisement -

“Matahari bersinar di atas khatulistiwa dan berlimpah udara (angin). Itu kenapa tidak kita pakai untuk listrik untuk pusat listrik dari PLN. Mengapa cahaya yang vertikal di atas kepala kita di khatulistiwa dan angin ini,  tidak kita manfaatkan dan kita pakai sebagai energi terbarukan. Energi ini bisa kita simpan di pulau-pulau dari Sabang ke Merauke, tidak seperti sekarang di distribusikan,” ujar Emil Salim. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER