Kamis, 25 April, 2024

Evaluasi Moda Transportasi, Puan: Kepercayaan Publik Penting

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani telah meminta agar investigasi menyeluruh dilakukan untuk mengetahui kecelakaan yang terjadi pada LRT, Senin 25 Oktober 2021 lalu itu. Puan menekankan keselamatan penumpang harus jadi prioritas.

“Keamanan dan keselamatan bertransportasi publik adalah hak masyarakat. Oleh karenanya, masyarakat harus mengetahui penyebab kecelakaan, dan sebaliknya regulator maupun operator harus bisa memulihkan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik,” kata Puan Maharani, Selasa (26/10/2021) lalu.

Lebih dari itu, eks Menko PMK ini mengatakan, menjaga kepercayaan publik sangat penting dilakukan, khususnya kepada LRT Jabodetabek yang merupakan moda transportasi baru.

“Salah satu fungsi BUMN adalah menyelenggarakan kemanfaatan umum. Karenanya, kemanfaatan LRT Jabodetabek ini harus bisa dirasakan masyarakat setelah kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi baru ini dipulihkan dan dijaga,” ucap Politikus PDI Perjuangan ini.

- Advertisement -

Dia juga menyebut, tidak ada cara lain untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik selain terus meningkatkan keselamatan dan keamanan warga negara sebagai pengguna.

“Targetnya harus zero accident. Apalagi LRT mempunyai jalur sendiri dan digembar- gemborkan menggunakan sistem dan teknologi canggih,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER