Kamis, 20 Januari, 2022

Peringati Hari Santri, Fatayat NU Kota Tangerang gelar Khitanan Massal

MONITOR, Tangerang – Fatayat Nahdlatul Ulama Kota Tangerang menggelar santunan dan khitanan massal gratis dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2021. Kegiatan dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Fatihah, Cipondoh, Sabtu (16/10).

Ketua Pimpinan Cabang Fatayat NU Kota Tangerang, Nony Menawati menyampaikan, bahwa santunan dan khitanan massal sebagai bentuk pengabdian Fatayat NU pada masyarakat, senantiasa melakukan kebaikan pada sesama.

“Tanggung jawab manusia untuk melakukan pengabdian itu ada tiga komponen. Hablum Minallah, Hablum Minannas dan Hablum Minal ‘alam. Dan yang dilakukan Fatayat NU Kota Tangerang hari ini adalah sebagai bentuk kesalehan sosial.” Kata perempuan lulusan UIN Jakarta ini.

Nony menerangkan bahwa khitanan massal yang dilaksanakan oleh Fatayat NU kota Tangerang mendapat antusiasme lebih dari masyarakat dimana peserta yang sudah daftar berjumlah 50 anak. “Hingga pada hari terakhir, masih banyak yang ingin ikut, bahkan ada yang memaksa untuk ikut walaupun kuota sudah penuh, sampai hari ini masih ada yang datang minta untuk dikhitan walaupun belum mendaftar,” terangnya.

- Advertisement -

Nony menambahkan, Selain khitanan massal, Fatayat NU Kota Tangerang juga memberikan santunan kepada puluhan santri dhu’afa Pondok Pesantren Al Fatihah dan masyarakat sekitar lokasi acara khitanan massal.

Sementara itu, Ketua PCNU Kota Tangerang, KH Dedi Mahfudin memberikan apresiasi kepada Fatayat atas kegiatan khitanan massal yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional keluarga besar NU se-Kota Tangerang yang selalu diperingati setiap tanggal 22 Oktober.

“PCNU Kota Tangerang sekali lagi memberikan apresiasi kepada Fatayat yang sudah melakukan khitanan massal ini, serta berharap Fatayat tetap bersemangat dalam melakukan program-program kerjanya dan bisa bersinergi dengan KBNU dan juga pihak-pihak lain,” ujarnya.

“Khitanan massal ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk membantu keluarga kurang beruntung secara ekonomi untuk mengkhitankan anaknya,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Fatihah KH Abdul Rasyid menyampaikan rasa terimakasih kepada Pengurus Cabang Fatayat NU Kota Tangerang. Kiai Abdul Rasyid berharap, kegiatan ini membawa manfaat dan berkah kepada semua.

Kiai Rosyid menyampaikan bahwa khitanan adalah langkah awal sebagai anak lelaki untuk menuju jenjang baligh, salah satu kewajiban sebagai seorang muslim yang sudah kena hukum wajib melaksanakan semua perintah agama.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER