Sabtu, 23 Oktober, 2021

Jokowi Sebut Pancasila Kekuatan Hadapi Tantangan Jaman

MONITOR, Jakarta – Bangsa Indonesia hari ini merayakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada setiap 1 Oktober. Presiden Joko Widodo tadi pagi juga memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Dalam apel tersebut, Inspektur Upacara memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para Pahlawan Republik Indonesia yang telah gugur. Ketua DPD La Nyalla Mattalitti membacakan naskah Pancasila.

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Lalu Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah Ikrar dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa yang menjadi penutup rangkaian acara.

“Hari Kesaktian Pancasila setiap tahun kita peringati untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di negeri ini, sekaligus mengingatkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan,” ujar Jokowi dalam sambutannya, Jumat (1/10/2021).

- Advertisement -

Dikatakan Jokowi, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam dijadikan pedoman bangi bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan jaman hari ini.

“Ideologi Pancasila dengan segenap nilai yang dikandungnya memandu bangsa ini untuk menghadapi berbagai bentuk tantangan meskipun datang di zaman yang berbeda,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER