Sabtu, 23 Oktober, 2021

Sandiaga Gaungkan Semangat Pariwisata untuk Pertumbuhan Inklusif

MONITOR, Jakarta – World Tourism Day (Hari Pariwisata Sedunia) yang dicanangkan oleh United Nations World Tourism Organization (Organisasi Pariwisata Dunia/UNWTO) dirayakan setiap 27 September.

Dengan semangat pariwisata untuk pertumbuhan inklusif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno ingin menjadikan sektor pariwisata sebagai motor kebangkitan ekonomi Indonesia dan pencipta lapangan kerja.

“Selamat hari pariwisata sedunia. Dengan semangat pariwisata untuk pertumbuhan inklusif kami optimis akan bangkitkan lapangan kerja bagi 34 juta pelaku pariwisata dan ekononi kreatif,” kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Senin (27/9/20221).

Bagi Sandiaga, pariwisata untuk pertumbuhan inklusif adalah bagaimana pariwisata menjadi penopang pertumbuhan yang merangkul masyarakat yang kehilangan pekerjaan selama masa pandemi. Sebab, jika dibandingkan sektor lain, pariwisata merupakan pencipta lapangan kerja yang potensial.

- Advertisement -

“Kita ini di tengah-tengah pandemi dan tantangan ekonomi, ternyata pariwisata itu pencipta lapangan kerja yang luar biasa besar sekali. Untuk 1 dollar yang diinfestasikan di sektor lain, di pariwisata itu dampak lapangan kerjanya bisa enam kali lipat,” terang Sandiaga.

“Jadi buat saya inclusive growth itu bagaiman kita bisa membuka lapangan kerja bagi jutaan orang yang kehilangan pekerjaan di dunia dan di Indonesia terutama di Bali,” imbuh Mas Menteri.

Untuk mewujudkan hal itu, Sandiaga menekankan pentingnya kolaborasi, adaptasi dan inovasi sebagai kunci menyambut pariwisata era baru paska pandemi. “Tentunya pariwisata yang mengedepankan aspek kualitas dan keberlanjutan lingkungan serta membawa manfaat pada usaha-usaha masyarakat,” kata Sandiaga.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER