Sabtu, 23 Oktober, 2021

Gus Hilmy: Pendidikan dan Pariwisata Kunci Pemulihan Ekonomi Jogja

MONITOR, Yogyakarta – Pandemi Covid19 memberikan dampak pada sektor ekonomi yang cukup masif dan merata. Untuk itu, penanganannya juga tidak hanya pada kesehatan saja, melainkan juga pemulihan ekonomi.

Senator asal Yogyakarta, Hilmy Muhammad, menyatakan dampak pada sektor ekonomi ditandai dengan tiga hal, yaitu daya beli masyarakat melemah, produksi dan investasi anjlok, serta memicu adanya krisis atau kebangkrutan ekonomi.

Meski pandemi masih berlangsung di negara ini, menurutnya pemerintah Indonesia dipuji di berbagai negara, khususnya terkait penanganan dan refocusing anggaran dalam upaya pemulihan ekonomi. Selain itu, pemerintah juga menggelontorkan anggaran untuk program stimulus dan bantuan seperti Prakerja, modal UMKM, Pengurangan Pajak, dan lain-lain.

Sementara di Yogyakarta, menurut Anggota Komite I DPD RI tersebut, salah kunci
pemulihan ekonomi di kota pelajar ini adalah dengan membuka pembelajaran tatap muka dan destinasi wisata. Keduanya merupakan tonggak ekonomi bagi Yogyakarta.

- Advertisement -

“Tidak perlu khawatir lagi, saat ini vaksinasi tahap pertama sudah 75%, dan 40% untuk vaksinasi tahap kedua,” kata pria yang akrab disapa Gus Hilmy tersebut, dalam acara Workshop dan Webinar Hari Santri Nasional 2021 dengan tema Optimisme Kebangkitan Ekonomi untuk DIY Sehat Dan Tangguh, Senin (27/9/2021).

Gus Hilmy mencontohkan, di pusat perbelanjaan, pintu masuknya dijaga ketat, tetapi di dalam ternyata sudah ramai sekali. Mestinya hal juga menjadi pertimbangan untuk
membuka sekolah dan wisata.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER