Kamis, 21 Oktober, 2021

PKS Ingatkan Empat Faktor Pendukung Digitalisasi Pemilu 2024

MONITOR, Jakarta – Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengingatkan ada empat faktor utama yang mesti diperhatikan dalam melaksanakan digitalisasi proses Pemilu Serentak 2024.

Ia menyebutkan empat komponen tersebut diantaranya aktor, sistem, kultur serta teknologi. Menyinggung faktor aktor, aktornya adalah level masyarakat, parpol dan penyelenggara negara.

“Tiga ini mesti siap, karena ada 3 pihak pemainnya seperti Caleg, baik individu maupun institusi, pelaksanaannya adalah KPU, Bawaslu, DKPP dan subjek utama adalah masyarakat. Semua harus sama persepsinya,” kata Mardani Ali Sera dalam keterangannya, Senin (27/9/2021).

Kemudian terkait sistem, disebutkan Mardani bahwa hal ini menyangkut payung hukum dalam penerapan digitalisasi.

- Advertisement -

“Untuk kultur, ini mungkin bisa bekerja sama dengan Kemendagri untuk melakukan sosialisasi dan simulasi ke masyarakat. Sebenarnya Pilkades sudah banyak, tinggal semua mesti merasakan,” terangnya.

Anggota Komisi II DPR RI selanjutnya menyinggung teknologi. Ia menekankan harus ada audit teknologi yang disiapkan, sehingga KPU tidak memaksakan diri dengan membuat teknologi sendiri atau bahkan sampai membuat sistem sendiri dalam penerapan digitalisasi.

“Auditnya betul-betul ada ditangan independen dan otoritas di KPU sehingga tidak high cost di era pandemi ini, amat sensitif,” tukasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER