Sabtu, 20 April, 2024

PPKM Diperpanjang, Mardani: Jangan Ada Euforia Berlebihan

MONITOR, Jakarta – Pemerintah memutuskan kembali memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 20 September 2021. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengingatkan pemerintah harus tetap waspada terhadap berbagai tantangan dari diperpanjangnya PPKM ini.

“Pelonggaran beberapa sektor, angka Covid-19 yang menurun, pemerintah harus mewaspadai terjadinya revenge tourism. Landai bukan berarti santai, berulangnya lonjakan jumlah kasus Covid-19 di Pulau Jawa dan Bali mesti jadi pelajaran,” ujar Mardani Ali Sera dalam keterangannya, Selasa (14/9/2021).

Berkaca dari kejadian sebelumnya, Anggota Komisi II DPR RI ini meminta agar publik tidak melakukan euforia berlebihan dalam menyikapi PPKM saat ini.

“Jangan ada euforia yang berlebihan. Sudah cukup kesalahan strategi penanganan sebelumnya, tercatat kita telah kecolongan 2x dan berimbas pada masuknya varian Alfa serta Delta. Sekarang ada varian Mu, jangan sampai kembali memorak-porandakan kita,” pinta Mardani.

- Advertisement -

Ia menyatakan sesungguhnya ancaman Covid-19 di ruang publik sangat nyata. Ancaman tersebut, dikatakan Mardani, berdasarkan temuan banyaknya warga yang terkena Covid-19 serta kontak erat yang melakukan aktivitas di area publik.

Mardani pun berharap Pemerintah semestinya melengkapi perangkat hukum untuk menindak pelanggar protokol kesehatan yang terlacak melalui aplikasi PeduliLindungi.

“Pasien Covid-19 yang terbukti “kelayapan” harus diberi sanksi, bisa denda atau kerja sosial yang berkaitan dengan pandemi,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER