Senin, 27 September, 2021

Pasca Pandemi, Puan Ingin Kuatkan Kerjasama Parlemen Austria dan Vietnam

MONITOR, Austria – Pandemi Covid-19 cukup berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2020 dan 2021. Kondisi ini dikemukakan Ketua DPR RI Puan Maharani saat bertemu Presiden Parlemen Austria, disela acara Fifth World Conference of Speakers of Parliament (5WCSP) di Austria, Selasa (7/9/2021).

Dikatakan Puan, berbagai sektor perekonomian ikut terdampak termasuk juga pariwisata Indonesia. Kendati terpuruk, Puan menyatakan Indonesia berhasil menurunkan tingkat kasus positif Covid-19 dengan cara mendorong masyarakat untuk tetap patuh protokol kesehatan 5 M yaitu Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas.

“Pemerintah juga terus meningkatkan 3T (Testing, Tracing dan Treatment) serta menggencarkan program vaksinasi Covid-19. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) juga berhasil menekan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia,” ujar Puan Maharani.

Mantan Menko PMK itu juga mengadakan pertemuan dengan Ketua Majelis Nasional Vietnam dan menyampaikan pentingnya peningkatan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Vietnam, terutama untuk masa pasca-pandemi Covid-19.

- Advertisement -

Saat ini tercatat ada sekitar 30 perusahaan Indonesia yang beroperasi di Vietnam, sehingga Indonesia berharap Vietnam memberikan kesempatan lebih besar bagi perusahaan-perusahaan Indonesia di Vietnam dan juga memberikan perlindungan bagi warga Indonesia yang berada di Vietnam.

“Semoga kerjasama antara Parlemen Indonesia dan Vietnam dapat ditingkatkan dan kami mendorong adanya kerjasama vaksin dan inovasi supaya segera tercapai Herd immunity di wilayah Asia Tenggara,” tuturnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER