Kamis, 28 Maret, 2024

Konstruksi Tol Serpong-Cinere Ruas Pamulang-Cinere Ditargetkan Selesai Oktober 2021

MONITOR, Tangerang Selatan – Untuk meningkatkan konektivitas kawasan Jabodetabek, Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air (Asdep IDPSDA) Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Rahman Hidayat melakukan kunjungan kerja ke Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Pamulang-Cinere yang didampingi Direktur Utama PT Cinere-Serpong Jaya (CSJ) Ayu Widya Kiswari pada Rabu (18/08).

“Kedatangan kami saat ini untuk memastikan langsung progres pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2, harapannya agar proyek ini bisa segera rampung dan dapat menunjang konektivitas di wilayah Jabodetabek,” ujar Asdep IDPSDA Kemenko Marves Rahman Hidayat.

Selain itu, Rahman menyatakan dukungannya agar proyek yang merupakan bagian dari Jalan Tol Outer Ring Road (JORR) II ini dapat selesai tepat waktu.

“Kami akan membantu apabila ada masalah yang perlu ditangani di pusat, apalagi ini berhubungan dengan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang mengharuskan kita bahu-membahu agar penyelesaiannya sesuai target,” ujarnya.

- Advertisement -

Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari optimis dapat menyelesaikan konstruksi sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Hingga Agustus 2021, progres pembebasan lahan sudah mencapai 99,63% dan untuk progres pembangunan konstruksi sudah mencapai 84,70%, berdasarkan progres tersebut kami optimis konstruksi untuk Ruas Pamulang-Cinere ini akan rampung sesuai dengan target,” ujar Ayu.

Dalam pengoperasiannya, Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Pamulang-Cinere akan tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Ruas Cinere-Limo seiring dengan selesainya pekerjaan pembangunan ruas tol tersebut yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya.

Ayu berharap, kunjungan kerja Kemenko Marves dapat turut mempercepat progres pembangunan dua ruas jalan tol yang saling terkoneksi tersebut agar kehadirannya menjadi optimal.

“Jika sudah beroperasi dan saling terkoneksi maka akan memudahkan masyarakat yang berasal dari arah Serpong, Pamulang dan sekitarnya menuju Cinere, Bogor hingga Ciawi. Begitupun sebaliknya, masyarakat dari arah Cinere, Bogor dan Ciawi juga mempunyai akses baru menuju Cengkareng dengan melalui Jalan Tol Serpong-Cinere. Hal ini dapat memangkas waktu tempuh, memperlancar mobilitas masyarakat dan logistik, serta menciptakan pertumbuhan sentra ekonomi baru,” tutup Ayu.

Ruas Pamulang-Cinere akan melengkapi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang yang sudah lebih dulu diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada April 2021 lalu yang terkoneksi dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong.

Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki panjang keseluruhan 10,14 Km yang dikelola oleh PT CSJ selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan masa konsesi 35 tahun. Jalan tol ini dibagi menjadi dua seksi pengerjaan, yaitu Seksi 1 Ruas Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 Km dan Seksi 2 Ruas Pamulang Cinere sepanjang 3,64 Km.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER