Senin, 15 Agustus, 2022

Jokowi Dorong Rektor se-Indonesia Giat Berinovasi

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo mendorong ketangguhan dunia pendidikan ditengah masa pandemi. Pesan ini disampaikannya dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia 2021 yang digelar hari ini, Selasa (27/7/2021).

“Saya menitipkan harapan agar dunia pendidikan mengembangkan inovasi-inovasi yang muncul karena pandemi ini dan melanjutkannya nanti setelah pandemi usai,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengingatkan Pandemi Covid-19 merupakan rangkaian disrupsi dan menambah disrupsi yang sebelumnya dipicu revolusi industri 4.0. Perdagangan telah bergeser menjadi e-commerce, dunia perbankan terdisrupsi oleh fintech dan berbagai macam e-payment, dunia kedokteran dan farmasi oleh healthtech, profesional hukum oleh recthtech, dan dunia pendidikan telah terdisrupsi besar-besaran oleh edutech.

Untuk itu, ia pun meminta lembaga pendidikan tinggi harus memperkuat posisinya sebagai edutech institutions. Dan yang paling dasar adalah pembelajaran memanfaatkan teknologi digital.

- Advertisement -

“Lembaga pendidikan tinggi harus bekerja untuk kemanusiaan dan kemajuan bangsa, memecahkan masalah-masalah sosial dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan inovasi secara berkelanjutan,” tandas Jokowi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER