Kamis, 29 Juli, 2021

Zulhas Imbau Pelaksanaan Qurban Tidak Berkerumun

MONITOR, Jakarta – Situasi pandemi yang masih sangat tinggi mengharuskan perayaan Idul Adha dilakukan di rumah saja, bahkan harus menghindari kerumunan. Pesan ini disampaikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

“Ibadah qurban kali ini masih kita lakukan di masa pandemi, apalagi saat ini sedang PPKM karena penularan virus Covid-19 varian delta sedang tinggi,” ujar Zulkifli Hasan dalam keterangannya, Selasa (20/7/2021).

Menurut Zulhas, panggilan karib Zulkifli Hasan, ibadah qurban masih bisa dilakukan di masa pandemi ini, namun harus dengan cara yang aman dan tidak mengundang kerumunan massa. Misalnya, qurban dialihkan dengan jalan bersedekah.

“Kita tetap lakukan ibadah qurban, tapi dengan cara yang paling aman. Upayakan tidak berkerumun, cari cara yang paling aman dan mematuhi protokol kesehatan. Bahkan sekarang bisa juga alokasi qurban dialihkan menjadi sedekah untuk mereka yang terdampak pandemi ini,” jelas Wakil Ketua MPR RI ini.

- Advertisement -

Dikatakan Zulhas, qurban merupakan bentuk solidaritas kemanusiaan. Ia pun berharap momentum Idul Adha bisa menjadikan solidaritas umat Islam semakin kuat.

“Semoga Idul Adha tahun ini menjadi momentum kita untuk meningkatkan empati, saling berbagi, saling membantu, keluar bersama dari krisis akibat pandemi ini,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER