Senin, 2 Agustus, 2021

Budidaya Nila Nirwana 3 di Kolam Terpal

MONITOR – Ikan Nila (Oreochromis niloticus) merupakan komoditas penting perikanan budidaya yang sangat populer di masyarakat. Dan jenis nila yang saat ini tengah banyak dibudidayakan adalah jenis atau strain nila nirwana 3 yang merupakan hasil penelitian dan pengembangan Balai Pengembangan dan Pemacuan Stok Ikan Nila dan Mas (BPPSIMN) Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat.

Ikan nila nirwana 3 sendiri memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis ikan nila lainnya. Salah satunya adalah nilai FCR berada di angka 1,4. FCR merupakan perbandingan jumlah pakan yang diberikan terhadap bobot yang dihasilkan sehingga hemat pakan. Selain itu, nila nirwana 3 ini memiliki keunggulan pertumbuhan yang pesat sehingga cepat panen dan tahan terhadap hama penyakit.

Tayangan ini mengupas tentang profil kegiatan budidaya nila nirwana 3 di kolam terpal yang dilakukan oleh kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Perumahan Puri 2, Pete, Tigaraksa, Tangerang meliputi teknik budi daya nial nirwana 3 mulai fase pembenihan hingga pembesaran serta pemasarannya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER