Jumat, 19 April, 2024

Komisi VIII Minta Asrama Haji Difungsikan jadi Ruang Isolasi Covid-19

MONITOR, Jakarta – Keberadaan asrama haji di seluruh Indonesia diharapkan dapat dimaksimalkan sebagai ruang isolasi bagi pasien positif Covid-19. Hal demikian disampaikan Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, lantaran tingkat keterisian rumah sakit makin penuh dan kian terbatas.

“Ada sebanyak 27 asrama haji di seluruh Indonesia dengan total 3.465 kamar yang bisa difungsikan menjadi ruang isolasi untuk pasien COVID-19,” ujar Yandri dalam keterangan persnya, Jumat (25/6/2021).

Dengan ditiadakannya haji tahun 2021 ini, Yandri menyatakan asrama haji bisa difungsikan sepenuhnya sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. Hal ini bisa menjadi solusi untuk menghemat anggaran untuk isolasi pasien daripada menggunakan hotel yang membutuhkan biaya besar.

“Fasilitas asrama haji tentu baik dan layak untuk menjadi ruang isolasi pasien, apalagi sekarang seperti Wisma Atlet juga sudah makin penuh karena masuk harus antre,” ujar Yandri.

- Advertisement -

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menilai, untuk mengubah fungsi asrama haji menjadi ruang isolasi membutuhkan fasilitas tambahan. Karena haji batal, dana APBN yang disiapkan untuk haji bisa dilakukan refocusing sebagian untuk pelayanan pasien Covid-19 di asrama haji.

“Saya juga meminta koordinasi lintas kementerian segera dilakukan untuk mengubah fungsi asrama haji menjadi ruang Isolasi. Dalam hal ini Kementerian Agama bersama Kementerian Kesehatan dan pihak pihak lain yang terkait,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER