Sabtu, 31 Juli, 2021

Cak Imin Sarankan Poliklinik Desa Dipakai Sentra Vaksinasi

MONITOR, Jakarta – Pelaksanaan vaksinasi belum berjalan optimal. Di sisi lain, pekan ini terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang signifikan sehingga mencuri perhatian Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Muhaimin Iskandar.

Muhaimin, atau yang akrab disapa Cak Imin ini meminta pemerintah memanfaatkan Poliklinik Desa (Polindes) sebagai sentra vaksinasi. 

“Kami meminta pemerintah terus menggenjot upaya vaksinasi Covid-19. Manfaatkan poliklinik desa sebagai sentra vaksinasi agar daya jangkaunya lebih luas dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat,” ujar Cak Imin, dalam keterangan persnya.

Cak Imin, yang menjabat sebagai Ketua Tim Pengawas Penanggulangan Bencana Covid-19 DPR RI itu menjelaskan sentra vaksinasi saat ini masih terpusat di Puskemas. Padahal sebagian besar keberadaan Puskesmas ada di tingkat kecamatan. Menurutnya, situasi ini membuat sebagian masyarakat enggan untuk mengikuti program vaksinasi.

- Advertisement -

“Salah satu kendala belum optimalnya program vaksinasi adalah masyarakat di pedesaan kesulitan mengakses sentra vaksinasi yang berbasis Puskemas. Harusnya sudah dipikirkan bagaimana membuat Polindes (Poliklinik Desa) yang jangkauannya lebih dekat dengan masyarakat bisa jadi sentra vaksinasi,” terangnya.

Lebih jauh ia mengatakan program vaksinasi di Indonesia relatif tertinggal dari beberapa negara lain. Vaksinasi di India misalnya saat ini sudah menyentuh angka 232.744.813 warga untuk vaksin dosis pertama atau hampir 17 persen dari total populasi. Vaksinasi di China sudah menyentuh lebih dari 1 miliar penduduk. 

“Sedangkan di Indonesia vaksinasi dosis pertama masih baru menyentuh 24 jutaan warga. Target sejuta vaksinasi per hari juga masih belum terealisasi,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER