Sabtu, 20 April, 2024

Covid-19 Mengganas, Gerindra Usul Berlakukan Semi Lockdown

MONITOR, Jakarta – Kawasan zona merah semakin hari kian bertambah, bersamaan dengan peningkatan jumlah kasus Covid-19. Ketua harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan pemerintah memberlakukan kebijakan semi-lockdown.

Dimana, pola semi-lockdown ini merupakan bentuk lockdown yang dilakukan khusus di hari libur atau weekend. Sebab menurutnya di akhir pekan, kegiatan perekonomian cenderung ditutup.

“Saya usulkan juga kepada pemerintah karena Sabtu-Minggu roda perekonomian, terutama perkantoran tutup, kalau bisa dilakukan pembatasan sosial berskala besar atau katakanlah semi-lockdown untuk hari libur terutama. Lebih baik memang, kecuali yang penting-penting, hari libur lebih baik ada di rumah,” ujar Dasco kepada awak media.

Wakil Ketua DPR RI ini menambahkan, semi-lockdown bisa menjadi kombinasi dengan kebijakan PPKM yang saat ini diterapkan terutama di wilayah DKI Jakarta, yang saat ini tingkat penyebarannya tertinggi.

- Advertisement -

“Soal efektif-nggak efektifnya belum tahu, karena lonjakan makin tinggi, makanya kita perlu ambil langkah, kalau perlu kombinasi keduanya, supaya apa pun yang kita lakukan itu bagaimana caranya menekan lagi COVID, terutama di DKI ini,” pungkasnya.

Selain itu, ia meminta agar pemerintah daerah beserta aparat terkait tegas mengawasi agar kebijakan yang ada benar-benar diterapkan. Bila perlu, ada sanksi tegas kepada pihak yang melanggar.

“Dalam dua minggu ke depan memang perlu ada penekanan, dari pemerintah dari aparat penegak hukum dan dari kesadaran masyarakat sendiri. Kita sudah lihat varian baru, juga sudah menjalar saya lihat ada banyak anak terkena Covid-19 wisma atlet sudah penuh,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER