Rabu, 24 April, 2024

Jasamarga Gelar Webinar Sosialisasi Larangan Motor Masuk Jalan Tol

MONITOR, Jakarta – Seringkali terjadi pengendara roda dua nekat menerobos masuk jalan tol. Padahal pelarangan kendaraan roda dua masuk jalan tol telah diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 44 tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No 15 tahun 2005 pada pasal 38 tentang Jalan Tol, tertulis “Jalan tol diperuntukkan bagi pengguna yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih”.

Melihat hal tersebut, Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division bekerja sama dengan Satuan Polisi Jalan Raya Direktorat Lalu Lintas (Sat PJR Ditlantas) Polda Metro Jaya, dan Google Indonesia mengadakan Seminar Kampanye Edukasi Larangan Kendaraan Roda Dua Masuk Jalan Tol secara virtual pada Jumat, 11 Juni 2021.

Acara ini dihadiri oleh Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Head Bagus Cahya Arinta B, Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya yang diwakili oleh Kepala Induk PJR Jaya 1 Polda Metro Jaya Bambang Krisnadi S.H,M.H, Strategic Partnership Manager (Geo) for Southeast Asia PT Google Indonesia Isabella Wibowo, serta lebih dari 150 orang perwakilan komunitas ojek online dan komunitas sepeda motor.

Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Head Bagus Cahya Arinta B menyampaikan bahwa acara ini digelar dalam rangka mensosialisasikan kembali aturan penggunaan jalan tol dan larangan bagi kendaraan roda dua masuk jalan tol.

- Advertisement -

“Belakangan masih marak kedapatan pengendara roda dua masuk jalan tol, padahal hal ini sudah diatur dalam Undang-undang dan Peraturan Pemerintah bahwa jalan tol hanya diperuntukan bagi kendaraan roda empat atau lebih, makanya kami tidak bosan-bosan mengingatkan kembali kepada pengguna kendaraan roda dua terkait larangan kendaraan roda dua masuk jalan tol,” tegas Bagus.

Bagus menambahkan berdasarkan data yang diterima dari pihak Kepolisian, mayoritas pelanggaran tersebut disebabkan karena pengendara mengikuti petunjuk dari aplikasi peta perjalanan digital. Untuk itu pada webinar edukasi kali ini, Jasa Marga juga menggandeng Google Indonesia untuk kembali mengedukasi para pengguna aplikasi peta perjalanan digital agar pengendara dapat lebih memahami cara penggunaan aplikasi tersebut. Hal ini diharapkan dapat menghindari pengendara melintasi rute jalan tol.

Sementara itu, sebagai upaya pencegahan kendaraan roda dua masuk jalan tol, Jasa Marga sebagai Badan Usaha Jalan Tol sudah memasang rambu-rambu sebelum memasuki akses jalan tol, pemanfaatan Variable Message Sign (VMS) untuk sosialisasi, pemantauan melalui CCTV, dan menyiagakan Mobile Customer Service 24 jam. Disamping itu juga, edukasi dan sosialisasi dilakukan melalui pemasangan spanduk, pemanfaatan sosial media dan kegiatan seminar virtual.

Terkait penindakan, pada kesempatan yang sama Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Metro Jaya AKP Bambang Krisnadi menjelaskan bahwa sesuai Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 287 ayat 1 menjelaskan bahwa Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas atau Marka Jalan dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Bambang juga menyampaikan, selama periode Januari-Mei 2021 terdapat 11 kejadian motor masuk tol, dan dilakukan penindakan berupa tilang.

Imbauan lain disampaikan oleh Strategic Partnership Manager (Geo) for Southeast Asia PT Google Indonesia Isabella Wibowo, yang menambahkan bagi pengendara roda dua khususnya sepeda motor yang menggunakan aplikasi Google Maps sebagai penunjuk arah, setelah mengetik tujuan atau destinasi di kolom pencarian jangan lupa untuk memilih rute khusus sepeda motor. Pengguna jalan juga dapat mengubah opsi rute untuk menghindari rute jalan raya, jalan tol, dan feri. 

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu memperhatikan rambu-rambu lalulintas, baik rambu perintah maupun larangan dan tetap berhati-hati di jalan. Hubungi call center 24 jam di 14080 jika membutuhkan bantuan di jalan tol.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER