Bawa Semangat Inklusif-Kolaboratif, Kadin Riau Dukung Arsjad Rasjid jadi Ketum Kadin

PT Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid

MONITOR, Jakarta – Visi dan misi calon ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid, yang ingin mewujudkan Kadin yang inklusif dan kolaboratif kembali mendapat sambutan positif dari Kadin daerah.

Direktur Eksekutif Kadin Riau, Kholil Romli, mengatakan pihaknya mendukung Arsjad Rasjid karena tawaran perubahan yang disuguhkan Presdir Indika Energi tersebut melalui visi dan misi yang diusung.

Tawaran itu menurutnya bakal membuka ruang komunikasi bottom up yang lebih besar antara Kadin pusat dan daerah.

“Pak Arsjad menawarkan gaya inklusif dan kolaboratif. Selama ini Kadin cendrung menerapkan gaya komunikasi ekslusif, pendekatan yang membuat adanya jarak antara pusat dan daerah,” kata Kholil dalam keterangannya, Rabu (9/6/2021).

Kholil mengatakan, Kadin daerah membutuhan sentuhan lebih dari pengurus Kadin pusat untuk menumbuhkan semangat berusaha di daerah.

Menurut Kholil, komitmen Arsjad untuk menkadikan UMKM atau pengusaha kecil di daerah agar bisa naik kelas menjadi salah satu program yang diinginkan Kadin daerah. Sebab salah satu parameter keberhasilan Kadin daerah adalah keberhasilan mengorbitkan pengusaha lokal ke nasional.

“Atau meningkat dari level UMKM ke level menengah, dan seterusnya. Untuk naik kelas ini, lebih-lebih ke level nasional, itu dibutuhkan lebih dari sekedar dorongan tapi juga uluran kerjasama. Itu sebabnya tawaran kolaboratif itu kita butuhkan. Untuk akses pendanaan misalnya, itu cabang pembiayaan di daerah umumnya berkisar puluhan miliar. Kalau ratusan miliar itu di Jakarta. Nah, Kadin di daerah menanti solusi dari persoalan semacam ini, ” kata Kholil.