Ini Strategi DLHK Depok Atasi Masalah Sampah

Tumpukan Sampah di TPA Cipayung, Depok

MONITOR, Depok – Upaya mengatasi permasalahan sampah, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok telah melakukan beberapa langkah. Salah satunya melalui pemilahan sampah.

“Pemerintah Kota (Pemkot) berhasil melakukan pengurangan sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung sebanyak 30 persen. Hal ini karena sebagian masyarakat sudah melakukan pemilahan sampah,” kata Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati, Selasa (08/06).

Dikatakannya, pihaknya juga terus mendorong terbentuknya Bank Sampah (BS) di tingkat kelurahan. Berdasarkan data terakhir, jumlah BS mencapai 319 kelompok yang tersebar di 63 kelurahan.

Jumlah ini fluktuatif, karena ada BS yang baru terbentuk dan tidak daftar, ada juga yang sudah pasif. Namun, kami terus berusaha menambah jumlah BS di Kota Depok,” terangnya

Selain itu, ucap Ety, pihaknya mendorong terbentuknya Unit Pengolahan Sampah (UPS) di setiap kelurahan. Saat ini sudah ada 30 UPS organik dan akan terus dioptimalkan.

“Yang baru saja dioperasionalkan adalah pengolahan sampah setempat menjadi bahan bakar atau palet pengganti kayu bakar. Mudah-mudahan upaya ini bisa mengurangi produksi sampah dari masyarakat yang masuk ke TPA Cipayung,” tutupnya.