Salah Satu Wilayah di Depok Bebas dari Covid-19, Ternyata Ini Kunci Suksesnya

Lurah Cipayung Jaya dan Bhabinkamtibmas memberikan hukuman push up kepada warga yang tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, belum lama ini. (dok. Istimewa)

MONITOR, Depok – Berbagai upaya yang dilakukan Kelurahan Cipayung Jaya dalam menekan kasus penyebaran virus Corona atau Covid-19, membuahkan hasil. Kini wilayah tersebut masuk dalam zona hijau atau bebas kasus Covid-19 selama tiga minggu terakhir.

“Alhamdulillah, Cipayung Jaya bisa terbebas dari angka konfirmasi positif Covid-19. Ini berkat upaya dan kerja sama Bhabinkamtibmas, RT, RW serta masyarakat yang pro aktif menjalankan protokol kesehatan,” ujar Lurah Cipayung Jaya Mustakim, Kamis (03/06).

Adapun upaya yang dilakukan antara lain pemantauan langsung bersama Bhabinkamtibmas, memberikan pemahaman kepada masyarakat yang lalai terhadap protokol kesehatan, berkoordinasi dengan ketua RT dan RW, serta memberdayakan Kampung Siaga Tangguh Jaya (KSTJ).

“Kami selalu mengingatkan masyarakat akan bahayanya Covid-19 dan terus mengajak untuk memakai masker kemana pun, mencuci tangan, serta menjaga jarak. Kami juga tak segan memberi hukuman push up kepada mereka yang kedapatan tidak memakai masker saat aktivitas di luar rumah,” ungkapnya.

Mustakim menyakini, jika sejumlah upaya tersebut terus dilakukan, maka dengan sendirinya kesadaran masyarakat akan terbangun. Tanpa harus selalu diingatkan.

“Masih ada kekhawatiran akan lonjakan kasus konfirmasi. Untuk itu, kami akan terus melaksanakan koordinasi dengan RT RW serta mengingatkan, jangan puas dengan pencapaian ini karena Covid-19 belum berakhir,” pungkasnya.