Firli Bahuri Lantik 1.271 Pegawai KPK yang Lulus TWK

Ketua KPK Firli Bahuri (tengah) memberikan keterangan pers/ Foto: ANTARA

MONITOR, Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri resmi melantik 1.271 pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (1/6/2021).

Angka itu merupakan jumlah pegawai yang dinyatakan lolos melalui tes wawasan kebangsaan (TWK) alih status menjadi ASN. Prosesi pada akhirnya digelar setelah sempat diwarnai solidaritas lebih 600 pegawai yang meminta pelantikan ditunda di tengah polemik TWK.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri berpesan kepada para pegawainya yang telah dilantik menjadi ASN untuk menjiwai nilai-nilai Pancasila.

Tidak hanya itu, dia juga meminta agar para pegawai KPK kedepannya dapat menghormati Hak Asasi Manusia (HAM).

“Kita segenap insan KPK wajib menjiwai Pancasila dalam menjalankan setiap kewajiban di mana kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, proporsionalitas, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia,” kata Firli usai melantik Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Cahya Harefa serta Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring, Pahala Nainggolan, sebagai ASN.

Pelantikan Cahya dan Pahala sekaligus simbolis terhadap 1.271 pegawai yang lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) lainnya.

Menurut Firli, setiap tindakan pegawai KPK harus menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Hal itu, ditekankan Firli, agar independensi pegawai KPK tetap terjaga.

“KPK berpedoman teguh terhadap nilai-nilai Pancasila agar tetap Istikomah, independen, dan bebas dari pengaruh kekuasaan apa pun dan mana pun dalam melaksanakan tugasnya,” ujar Firli.

Firli menekankan, pegawai KPK tidak boleh berkhianat saat bertugas memberantas korupsi. Sebab, harapan masyarakat dalam melakukan pemberantasan korupsi di Indonesia bertumpu pada KPK. Nilai-nilai Pancasila bisa membuat pegawai KPK menjaga kepercayaan itu.

“Kami pesan melalui mimbar ini, setiap insan KPK teruslah berkomitmen melakukan pemberantasan korupsi tanpa pengaruh dari kekuasaan apa pun,” bebernya.

Sekadar informasi, sebanyak 1.271 pegawai KPK yang lolos TWK dilantik sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) oleh Ketua KPK Firli Bahuri, pada hari ini. Pelantikan tersebut diwakilkan oleh 53 pegawai KPK yang hadir secara langsung ke Gedung Juang KPK. Sementara sisanya, dilantik secara daring atau virtual dari kediamannya masing-masing.