Dukung Arsjad Rasjid, Bahlil Minta Kadin Berdayakan Pengusaha Daerah

Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia (dok: Tribun)

MONITOR, Jakarta – Berbagai dukungan terus mengalir kepada calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026 Arsjad Rasjid. Tak hanya dari kalangan pengusaha, dukungan juga datang dari Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi dan Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

Hal itu tampak dalam acara deklarasi dukungan Kadin Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk Arsjad Rasjid yang digelar di kota Palu, Rabu (19/5).

Bahlil yang juga hadir dalam acara deklarasi tersebut berharap agar Arsjad Rasjid bisa merangkul semua pihak dan memberdayakan pengusaha daerah jika nanti terpilih menjadi ketua umum Kadin.

Lebih lanjut, Bahlil menyebutkan, membangun ekonomi daerah sama sekali tak bisa mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Karena itu, kepada Arsjad Rasjid ia menitipkan agar Kadin Indonesia dapat turun tangan ikut membangun ekonomi daerah.

“Kami berharap Arsjad Rasjid dapat memimpin Kadin Indonesia agar pengusaha daerah dapat benar-benar diberdayakan, pengusaha daerah dapat menjadi tuan rumah di daerah mereka,” kata Bahlil dalam keterangannya, Kamis (20/5/2021).

Sementara itu, calon Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, mengatakan bahwa visinya adalah untuk menjadikan Kadin Indonesia sebagai institusi yang kolaboratif dan inklusif. Bukannya sebagai Kadin yang eksklusif, dan hanya merasa dimiliki oleh segelintir orang saja.

Arsjad Rasjid yang juga merupakan Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk itu, menyampaikan jika terpilih sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia, ia akan melakukan banyak hal, antara lain meningkatkan pemberdayaan pengusaha daerah, baik dari sisi regulasi, maupun dari sisi organisasi.

“Ekonomi nasional hanya bisa maju jika ekonomi daerah kuat. Jadi ekonomi daerah yang harus terus kita dorong agar menjadi kuat,” ujarnya.