Ratusan Pemudik Balik Jakarta Terpapar Covid-19, Begini Instruksi Anies

Ilustrasi pemudik (Foto: Dok CNN)

MONITOR, Jakarta – Ratusan pemudik yang akan balik ke Jakarta diketahui terkonfirmasi Covid-19. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun meminta kepada mereka agar langsung dibawa ke Wisma Atlit untuk segera dirawat.

Hal itu dikatakan Anies, saat meninjau langsung Pos Penyekatan Kilometer 34B, Jalan Tol Cikampek arah Jakarta, Rabu (19/5). Menurut Anies, data yang dihimpun dari Pos Penyekatan, paska mudik lebaran ada sekitar 5.955 kendaraan yang masuk ke ibu kota dan terdapat 22.910 pemudik.

“Dari angka 22.910 itu ditemukan 148 orang yang positif atau reaktif,” ujar Anies.

Kata Anies, ratusan orang yang terpapar virus corona itu langsung ditindak, yakni dengan membawa 57 warga ke Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta pusat dan 17 lainnya ke rumah sakit (RS).

“74 orang yang melakukan isolasi mandiri,” terang mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, ditemukan empat orang yang reaktif pada tes acak COVID-19 di KM 34 berdasarkan data hingga 17 Mei.

“Di Cikampek 1.804 orang, 4 orang reaktif. Langsung dibawa, dievakuasi bis sekolah ke Wisma Atlet,” ucap Syafrin, Selasa (18/5).

Disebutkannya, ada puluhan penumpang bus juga dinyatakan reaktif COVID-19 dari hasil pemeriksaan di Terminal Pulo Gebang dan Kalideres selama larangan mudik Lebaran.