Imbas Kasus Covid-19 Meningkat di Sumbar, KPAI Usul Bukber Dilarang

Retno Listyarti, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan

MONITOR, Jakarta – Sehubungan dengan peningkatan positivity rate kasus Covid-19 yang mencapai 17,6% per 20 April 2021 di Sumatera Barat, KPAI mendorong Dinas Pendidikan Provinsi maupun Kabupaten/kota di seluruh Sumatera Barat untuk melarang kegiatan buka bersama dan pesantren Ramadhan.

Komisioner bidang Pendidikan, Retno Listyarti, meminta agar hal tersebut dipertimbangkan kembali, mengingat ada potensi besar terjadinya penularan Covid-19.

“Hal ini untuk mengurangi resiko penularan pada peserta didik yang notabene masih usia anak,” kata Retno Listyartidalam keterangannya, kepada MONITOR.

Selain itu, KPAI mendorong Dinas Pendidikan Provinsi maupun Kabupaten/kota se Sumatera Barat untuk mengevaluasi pelaksanaan PTM pasca meningkatnya kasus covid-19 di Sumatera Barat bahkan mencapai positivity rate tertinggi, yaitu sebesar 17.6%.

Padahal, dikatakan Retno, IDAI menyarankan buka sekolah di suatu daaerah ketika angka positivity rate C-19 hanya 5% dan maksimal 10% ke bawah.

“KPAI mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjadikan bulan april s.d. Juni 2021 sebagai bulan persiapan PTM, nanti bulan juli 2021 barulah ujicoba PTM terbatas bukan PTM serentak, karena belajar dari pengalaman Negara-negara yang buka sekolah dan tidak tutup kembali, kuncinya adalah pada Kesiapan, baik kesiapan sekolah, orangtua maupun siswa dengan dukungan penuh daerah,” pungkas Retno.