Anies Janji Penuhi Kebutuhan Pengungsi Korban Kebakaran Taman Sari

Puing-puing sisa kebakaran yang terjadi di RT 02/01, Kelurahan Keagungan, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

MONITOR, Jakarta – Dampak kebakaran yang terjadi di RT 02/01, Kelurahan Keagungan, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, ternyata sangat luar biasa. Bayangkan ada sekitar 130 rumah yang ludes dilahap si jago merah dan ada sekitar 263 Kepala Keluarga serta 822 jiwa terpaksa harus mengungsi.

Melihat hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta semua jajaran anak buahnya untuk bergerak cepat membantu warga yang terdampak kebakaran tersebut.

“Jadi sore ini saya bersama Sekda dan Walikota Jakarta Barat, Kepala BPBD, dan Kepala Dinsos DKI mendatangi lokasi kebakaran di RT 002/001, Kelurahan Keagungan, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Sejauh ini datanya terus berkembang tapi sejauh ini ada 130 rumah 263 KK dan 822 jiwa yang terdampak,” ujar Anies, disela-sela kunjungannya ke lokasi tempat kebakaran di Taman Sari, Jakbar, Senin (19/4)

Dalam kunjungan tersebut, Anies menegaskan bahwa Pemprov DKI bergerak cepat, selain untuk memastikan keselamatan warga, juga memastikan seluruh kebutuhan dasar pengungsi yang terdampak terpenuhi. Tempat tinggal sementara yang aman juga menjadi prioritas agar warga lebih nyaman menjalani proses pemulihan pascakebakaran.

“Kemudian langkah yang dilakukan pemerintah memastikan semua warga selamat. Kemudian warga yang membutuhkan tempat sementara disiapkan, begitu juga kebutuhan dasar seperti pangan sandang dan pelayanan kesehatan semuanya disiapkan oleh dinsos dan BPBD,” pungkasnya.

Diketahui, kebakaran terjadi pada Minggu (18/4) pukul 15.28. Sebanyak 23 unit mobil damkar dikerahkan dalam peristiwa tersebut. Total ada 124 personel diturunkan ke lokasi dan saat ini masih dilakukan pembersihan puing-puing kebakaran.