Kamis, 25 April, 2024

Ida Fauziyah Minta BPJS Kesehatan Percepat Integrasi Data Peserta JKP

MONITOR, Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta BPJS Kesehatan agar mempercepat integrasi data kepesertaan untuk Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). Ia berharap, program tersebut nantinya dapat berjalan secara optimal dan tepat sasaran.

“Dalam persiapan pelaksanaan program JKP, dibutuhkan sinergi yang intens antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan BPJS Kesehatan,” kata Ida Fauziyah, belum lama ini.

Ia memaparkan, salah satu yang menjadi fokus adalah integrasi data kepesertaan antara BPJS Kesehatan dengan BPJS Ketenagakerjaan yang kemudian diintegrasikan dengan Sisnaker (Sistem Informasi Ketenagakerjaan).

Lebih jauh Ida menjelaskan, adapun proses integrasi data kepesertaan pekerja yang termasuk dalam program JKP antara BPJS Kesehatan dengan BPJS Ketenagakerjaan hanya diberi waktu enam bulan. Dengan adanya integrasi data, kata dia, kemungkinan ada peningkatan atau penurunan jumlah peserta yang masuk ke dalam Program JKP.

- Advertisement -

“Oleh karena itu, pemerintah terus melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam persiapan  pelaksanaan JKP ini. Kita terus melakukan sinergi dengan BPJS Kesehatan karena penerima Program JKP adalah mereka yang menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” terang Ida.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER