Komisi IX Akui Vaksin Nusantara Diminati Banyak Masyarakat

Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay (dok: google)

MONITOR, Jakarta – Antusiasme masyarakat terhadap keberadaan vaksin Nusantara yang dikembangkan eks Menteri Kesehatan, dokter Terawan, bersama timnya menuai sorotan dari banyak kalangan. Hal ini tak luput dari perhatian Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay.

Saleh menyatakan, meski vaksin buatan lokal ini masih dalam tahap penelitian, namun ia mengakui mampu menarik minat banyak masyarakat terutama kalangan lansia. Hal ini diyakini, karena vaksin Nusantara diakui tanpa efek samping dan mampu meningkatkan imunitas.

“Minat terhadap vaksin Nusantara ini ternyata sangat tinggi. Terbukti dengan antrian panjang yang ada. Pihak RSPAD membatasi vaksinasi, karena¬† mereka masih fokus pada studi dan penelitian yang dilaksanakan.” ujar Saleh Daulay, dalam keterangannya, Kamis (15/4/2021).

Lebih jauh Ketua Fraksi PAN DPR ini melihat, vaksin Nusantara sangat potensial dikembangkan. Vaksin produk dalam negeri tersebut harus mendapat perhatian pemerintah seperti disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa Indonesia harus mengutamakan produknya sendiri.

“Kita berani jadi contoh untuk divaksin lebih awal. Saya melihat, para peneliti dan dokter-dokter yang bertugas semuanya ikhlas. Tidak ada muatan politik sedikit pun. Saya berharap kedaulatan dan kemandirian Indonesia dapat terjamin dalam bidang kesehatan dan pengobatan. Saya yakin, momentum Covid-19 bisa menjadi pintu masuk,” kata Saleh.