Danrem WB Optimis Tiga Jembatan di Bima Selesai Tepat Waktu

Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, saat meninjau jembatan yang kena imbas banjir bandang di NTB, Kamis (15/4/2021) malam. (Dispenad)

MONITOR, Jakarta – Danrem 162/Wira Bhakti (WB), Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, mengaku optimis bahwa pengerjaan pembangunan jembatan Acrow Panel yang menghubungkan Desa Bolo dengan Desa Rade di Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), dapat diselesaikan personel Batalyon Zeni Konstruksi (Yonzikon) 13/Karya Etmaka (KE) tepat waktu.

“Diharapkan pembangunan jembatan Acrow Panel ini dapat selesai enam hari ke depan. Satu sisi pondasi jembatan telah selesai 100 persen dan sisi lainnya masih dalam pengerjaan dengan progress pada hari ini telah mencapai 40 persen,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (16/4/2021).

“Bila kedua sisi jembatan pondasinya telah selesai, maka pemasangan Acrow Panel dapat segera dilakukan dan jembatan ini dapat digunakan oleh masyarakat di kedua desa tersebut,“ ujar Rizal melanjutkan.

Rizal juga menegaskan bahwa setiap hari, dirinya melaporkan kepada pimpinan TNI Angkatan Darat (AD) dalam hal ini Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa terkait progres pembangunan jembatan serta perbaikan dua jembatan lainnya di Desa Woro dan Desa Campa.

“Untuk perbaikan jembatan di Desa Woro, Insya Allah pada hari Jumat (16/4/2021) sudah selesai pengerjaannya dan akan dilanjutkan perbaikan jembatan di Desa Campa dengan estimasi waktu pengerjaan satu minggu,” katanya.

Rizal juga mengapresiasi peran aktif instansi pemerintah daerah dan masyarakat yang bersama-sama dengan prajurit TNI dari Satgas Zeni AD dalam proses pengerjaan jembatan tersebut.

“Masyarakat sangat antusias membantu pengerjaan jembatan ini, karena warga ingin jembatan ini segera selesai dan dapat digunakan untuk beraktivitas kembali, sehinga roda perekonomian warga dapat hidup kembali,” ungkapnya.

Selain meninjau lokasi jembatan di Desa Bolo-Rade, Rizal juga meninjau perbaikan jembatan di Desa Woro dan lokasi jembatan Desa Campa yang tidak lama lagi akan dikerjakan prajurit Yonzikon 13/KE.

Pada kesempatan tersebut, Rizal juga sempat terjun langsung bersama personel Yonzikon 13/KE yang bekerja hingga malam hari untuk segera menyelesaikan pembangunan jembatan di Desa Bolo-Desa Rade dan bersama dengan seluruh prajurit dan masyarakat menggelar buka puasa bersama sebagai bentuk kemanunggalan TNI-Rakyat.

Seperti diketahui, jembatan-jembatan tersebut hancur akibat diterjang banjir bandang yang terjadi di beberapa wilayah di NTB sebelumnya.