Awas, 23 Wilayah Ini Berpotensi Alami Cuaca Ekstrim

Ilustrasi cuaca ekstrem/ dok: net

MONITOR, Jakarta – Belakangan ini cuaca ekstrim kerap melanda beberapa wilayah di Indonesia, bahkan kini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrim dengan curah hujan tinggi.

Siklon udara ini diperkirakan terjadi di 23 wilayah di Tanah Air pada Kamis (15/4).

“Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di berbagai wilayah Indonesia,” tulis BMKG dalam pernyataan resminya.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk waspada gelombang tinggi yang diprakirakan terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia.

Siklon tropis Surigae (1.000 hPa) terjadi di Samudera Pasifik utara Papua dan berdampak pada peningkatan tinggi gelombang mencapai 4 – 6 meter di Samudera Pasifik utara Papua Barat – Papua, 2,5 – 4 meter, yakni di perairan utara Manokwari – Pulau Biak dan Samudera Pasifik utara Halmahera.

Adapun pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot. Sedangkan wilayah di Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur – Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Raja Ampat utara, perairan Manokwari, perairan Biak, Teluk Cendrawasih, Samudera Pasifik utara Papua – Papua Barat.

Peringatan dini BMKG untuk hari ini yakni ada di kawasan Aceh, Bali, Bangka Belitung, Bengkulu, Gorontalo, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur.

Selain itu juga berpotensi terjadi di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

Suhu udara pada hari ini berkisar mulai dari 19 derajat hingga 34 derajat Celcius dengan kelembaban udara 60 hingga 100%