Mahfud Minta Kepala Daerah yang Baru Dilantik Hindari Korupsi

Menko Polhukam, Mahfud MD (twitter @mohmafudmd)

MONITOR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam), Mahfud MD, berpesan agar Kepala Daerah yang terpilih pada Pilkada Serentak 2020 menjalankan amanah sebaik-baiknya dan menghindari perilaku koruptif.

“Para kepala daerah yang telah dilantik agar menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, menghindari korupsi dan sedapat mungkin menunaikan janji-janji politiknya,” ungkapnya saat memberikan arahan secara virtual kepada 184 kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020, Jakarta, Rabu (14/4/2021).

Mahfud juga meminta pemerintah daerah (pemda) selalu berkoordinasi dan bersinergi dalam kebijakan pengamanan di wilayahnya, serta turut mendukung dan mengimbau kepada masyarakat terkait kebijakan larangan mudik Lebaran 2021.

Menurut Mahfud, kondisi daerah yang stabil juga sangat menentukan jalannya roda pemerintahan.

“Kita membutuhkan sinergi yang kuat antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Sinergi sangatlah penting, karena tanpa bersinergi, kebijakan antara Pusat dan Daerah mustahil diimplementasikan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Mahfud juga meminta pemda untuk melakukan pengetatan dan penegakkan protokol kesehatan Covid-19, terutama selama Bulan Suci Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

“Kepala Daerah yang terpilih dalam Pilkada merupakan mandataris rakyat yang perlu kita jaga legitimasinya,” katanya.