Australia Sumbang Alat Tambahan Penanganan Covid-19 di Indonesia

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan

MONITOR, Jakarta – Australia menyediakan peralatan tambahan untuk mendukung Pemerintah Indonesia, dalam hal ini TNI dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, dalam penanggulangan Covid-19.

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan, mengungkapkan bahwa peralatan itu sebagai langkah melanjutkan sejarah panjang kerja sama antara organisasi pertahanan Australia dan Indonesia pada saat dibutuhkan.

“Australia dan Indonesia adalah mitra dan teman dekat. Sama seperti Indonesia membantu Australia selama kebakaran hutan yang menghancurkan pada tahun lalu, kami senang dapat mendukung Indonesia saat kita menghadapi tantangan bersama Covid-19,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (12/4/2021).

Paket peralatan tersebut terdiri dari alat uji, penyanitasi tangan dan masker. Bantuan itu merupakan tambahan peralatan dan pasokan yang dikirim pada Agustus 2020 lalu. Dengan peralatan tersebut, total dukungan Covid-19 Australias ke Indonesia di bawah Program Kerja Sama Pertahanan menjadi sekitar 4 juta Dolar Australia.

“Kerja sama pertahanan merupakan pilar kunci kemitraan strategis komprehensif antara Australia dan Indonesia,” ujar Quinlan menambahkan.