Arab Saudi Izinkan Jamaah Haji Indonesia Berangkat, DPR Acungi Jempol

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily (dok: Ace Hasan)

MONITOR, Jakarta – Keputusan pemerintah Arab Saudi mengizinkan keberangkatan haji bagi jemaah asal Indonesia mendapat acungan jempol dari Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily.

Apresiasi ini diberikan lantaran pemerintah Saudi akhirnya mengizinkan jemaah haji Indonesia dalam jumlah terbatas untuk berangkat ke Tanah Suci di tengah pandemi Covid-19.

Ace mengatakan Pemerintah Indonesia telah mempersiapkan skenario untuk mengantisipasi kuota jemaah yang diberikan.

“Tentu saja kabar ini menggembirakan masyarakat muslim Indonesia, terutama para calon jemaah yang sempat tertunda keberangkatannya. Kita akan tunggu kelanjutannya seperti apa,” ujar Ace di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta.

Lebih jauh Legislator dari Fraksi Golkar ini menyatakan, Komisi VIII DPR akan terus melakukan upaya-upaya untuk mempersiapkan berbagai kemungkinan yang akan diterima jemaah haji asal Indonesia.

Salah satunya dengan membuat bermacam-macam skenario melalui rapat kerja dengan Kementerian Agaman.

“Skenario itu berdasarkan kemungkinan jumlah kuota yang diberikan otoritas Arab Saudi, misalnya kuota 50 persen, 25 persen, 10 persen dan 5 persen. Demikian juga dengan kebutuhan pembiayaan BPIH hingga saat ini masih terus kita bahas,” jelasnya.