Kamis, 25 April, 2024

Menhan Siap Kerja Sama Pertahanan dengan Korea

MONITOR, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto, melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Menhan Korea Selatan Suh Wook dan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral pertahanan, Kamis (8/4/2021).

Kunjungan kehormatan Prabowo kepada Suh Wook itu disambut dengan upacara militer. Dalam acara yang berlangsung sangat hangat itu, kedua negara sepakat mempererat kerja sama militer yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

Dalam pertemuan bilateral pertahanan itu, kedua belah pihak berdiskusi dan bertukar pandangan tentang beberapa hal strategis di bidang pertahanan dan keamanan, di antaranya pertukaran pandangan keamanan regional dan kerja sama bilateral.

Diskusi tentang topik tersebut telah membuahkan sejumlah pembaruan informasi dan referensi. Kemhan RI siap membangun hubungan kerja sama pertahanan yang lebih kuat dengan pihak Korea Selatan.

- Advertisement -

Prabowo berharap, hubungan bilateral Indonesia-Korea Selatan di bidang pertahanan dapat memberikan kontribusi yang positif, tidak hanya untuk kepentingan nasional kedua negara, tetapi juga untuk menjaga keamanan, perdamaian dan stabilitas kawasan.

Prabowo juga melihat masih banyak peluang kerja sama pertahanan yang perlu dijajaki bersama, terutama dalam rangka membangun rasa saling percaya dan meningkatkan kerja sama industri pertahanan.

Atas nama Pemerintah RI, Prabowo juga menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kontribusi dari pemerintah dan masyarakat Korea dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Seperti diketahui, pada 27 April 2020 lalu, Pemerintah Korea Selatan memberikan bantuan 10.000 Polymerase Chain Reaction (PCR) Diagnoctis Test kepada Kemhan RI melalui Industri Pertahanan Korea Selatan. Alat ini telah membantu Indonesia dalam menangani Covid-19.

Prabowo menambahkan, Korea Selatan adalah salah satu negara paling sukses di dunia dalam mengatasi masalah pandemi Covid-19 ini, dengan kebijakan yang cepat, akurat dan efisien, serta dukungan dari masyarakat Korea Selatan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER