Kabar Duka, Ulama Karismatik Banten Abuya Turtusi Wafat

pengasuh Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah, KH Abuya Turtusi

MONITOR, Tangerang – Kabar duka datang dari pengasuh Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah, KH Abuya Turtusi. Ulama karismatik yang biasa dipanggil Abuya Uci ini wafat pada Selasa, 6 April 2021 pukul 5 pagi tadi.

Kabar ini beredar luas di media sosial, dan juga dikuatkan oleh pernyataan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, melalui kun Twitternya.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut Berdukacita yang mendalam atas meninggalnya guru kami Abuya Uci Turtusi. Semoga Amal Ibadah Beliau Diterima Allah SWT,” tulis Andika, dalam akunnya @andikahazrumy_official pada Selasa (6/3/2021) pukul 07.00 WIB.

Sebagaimana diketahui, Abuya Uci merupakan Guru Besar dan seorang pengasuh sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren dan Majelis Ta’lim Al-Istiqlaliyyah di Kampung Cilongok, Desa Sukamantri Pasar Kemis, Tangerang, Banten.

Abuya Uci juga merupakan putra dari Alm Abuya Dimyathi Cilongok, seorang kiai yang sangat disegani oleh masyarakat Banten. Semasa hidupnya, Abuya Uci dikenal sebagai seorang sahabat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Sosok Abuya dikenal sangat baik, termasuk kepada para aktivis Gusdurian.