Jumat, 6 Agustus, 2021

Pesan Jokowi, Bupati Harus Punya Skala Prioritas Belanja APBD

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo memberikan peringatan kepada para bupati agar lebih fokus konsolidasi dalam merancang anggaran. Para bupati juga diminta untuk memiliki skala prioritas dalam menggunakan APBD.

Pesan ini diungkapkan Jokowi agar penggunaan APBD lebih transparan dan kalkulasinya lebih matang. Kepala Negara ini juga meminta agar anggaran di kabupaten tidak dibagi rata kepada semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Konsolidasi anggaran artinya apa rencana APBD harus dilihat betul-betul, yang biasa nggak buka secara detail sekarang buka secara detail, cek secara detail, ke mana larinya, outputnya apa, outcomenya apa? Semua harus dikalkulasi, semua harus dihitung,” kata Jokowi saat membuka Munas V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Tahun 2021, melalui laman YouTube Setpres, Jumat (26/3/2021).

Konsolidasi anggaran ini juga menutup celah pembelanjaan yang selama ini dilakukan secara berlebihan tanpa ada skala prioritas.

- Advertisement -

“Jangan membelanjakan, sudah sering saya sampaikan untuk banyak pos belanja. Semua dinas diberi, semua semua semua, kita nggak punya skala prioritas,” pintanya tegas.

Lebih jauh, mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta para bupati untuk memiliki skala prioritas dalam menggunakan APBD. Skala prioritas ini penting dimiliki agar manfaat dana APBD dirasakan langsung untuk rakyat.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER