Kamis, 25 April, 2024

Jasa Marga Uji Coba Relokasi Akses Masuk Contraflow Tol Dalam Kota

MONITOR, Jakarta – Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola Ruas Tol Dalam Kota bersama PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) service provider operasional jalan tol, berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Induk 1 Satuan Patroli Jalan Raya Polda Metro Jaya akan melanjutkan uji coba relokasi akses masuk  contraflow Tol Dalam Kota.

General Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad, Nasrullah menjelaskan, kebijakan ini dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Ruas Tol Dalam Kota (Cawang – Tomang – Pluit) arah Tomang, khususnya pada pagi hari (peak hours).

“Uji coba pertama telah dilakukan pada 16 Maret 2021 dan telah dilakukan evaluasi. Selanjutnya, ujicoba akan dilanjutkan kembali hingga 26 Maret 2021 guna mendapatkan data dan informasi yang lebih valid terkait kebiasaan dan pola perjalanan pengguna jalan tol,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/3/2021).

Diktehaui, akses masuk contraflow yang sedianya dimulai pada Km 01+700 direlokasi menjadi dimulai dari KM 00+200 (Halim) sampai dengan KM 08+100 (Senayan) pada pukul 06.00 sampai dengan 10.00 WIB.

- Advertisement -

Nasrullah menjelaskan uji coba ini bertujuan untuk menghilangkan crossing lalu lintas yang dari arah Halim dengan lalulintas yang dari arah Jagorawi, serta mengurangi beban pertemuan lalu lintas di sekitar Simpang Susun Cawang.

Selain itu, ujicoba ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan tempuh kendaraan dan mengurangi antrean lalulintas yang terjadi dari arah Halim dan Jagorawi hingga akhirnya dapat memperlancar lalulintas.

“Diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, tertib di lajurnya, perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanannya,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER