KPU Diminta Siapkan Skenario Pemilu 2024 Secara Matang

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus (dok: dpr.go.id)

MONITOR, Jakarta – Pelaksanaan Pilkada dan Pemilu serentah di tahun 2024 tetap akan dilaksanakan. Komitmen ini disampaikan langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Eks Kapolri ini menyatakan, tidak ada penundaan lagi dalam pelaksanaan pilkada/ pemilu.

Menyikapi arahan Mendagri, anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengingatkan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mempersiapkan skenario Pilkada dan Pemilu secara matang.

‚ÄúTerkait gonjang ganjing pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak 2024, itu sudah bisa dipastikan tetap akan dilaksanakan. Komisi II DPR RI telah menyatakan tidak melanjutkan pembahasan Revisi UU Pemilu. Selain itu Komisi II telah menyampaikanya kepada Baleg dan direspon oleh Baleg dengan menarik dan telah mengeluarkan Revisi UU Pemilu dari Prolegnas. Artinya kita tidak perlu lagi ragu terhadap pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak di 2024 mendatang,” ujar Guspardi Gaus, dalam keterangan tertulisnya.

Guspardi pun mengingatkan agar KPU segera menyusun agenda tentang tahapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, mengingat Pilkada Serentak 2024 akan terlaksana pada bulan November 2024, sesuai apa yang telah diamanatkan dalam UU Nomor 10 Tahun 2016.

“Saya meminta KPU dan Bawaslu agar melakukan lagi berbagai simulasi dan mencari alternatif guna mendapatkan waktu terbaik terhadap pelaksanaan pemilu serentak Pilpres dan Pileg 2024, untuk selanjutnya di usulkan kepada Komisi II,” terang Legislator dari Fraksi PAN ini.