Minggu, 25 Juli, 2021

Komisi V: Kemenhub Harus Pastikan Mudik Lebaran Lancar

MONITOR, Jakarta – Kementerian Perhubungan diminta untuk terus memastikan kelancaran arus mudik lebaran tahun 2021 nanti. Hal ini disampaikan Ketua Komisi V DPR RI Lasarus saat memimpin rapat kerja dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Lasarus menyatakan Kemenhub harus melakukan koordinasi lintas sektor, untuk melakukan cek moda transporrasi massal serta sarana transportasinya.

“Selain masalah kordinasi lintas sektoral dan persiapan rutin kendaraan darat, pemeriksaan kelaikan sarana transportasi laut, kereta api, dan udara, Komisi V DPR RI juga mencatat beberapa hal yang perlu dicermati antara lain peningkatan aspek keselamatan, keamanan, kelancaran, dan kualitas pelayanan transportasi darat, laut, udara, dan kereta api untuk meminimalisir kecelakaan transportasi,” ujar Lasarus.

Legislator dari Fraksi Perjuangan itu berpesan, Menhub Budi Karya juga harus memperhatikan aspek perencanaan dan pembangunan yang mengedepankan konektivitas transportasi nasional dalam mendukung sistem logistik yang terintegrasi dengan jaringan transportasi darat, laut, dan udara.

- Advertisement -

Sebab dikatakannya, menjelang mudik lebaran biasanya banya keluhan dari para penumpang mulai dari terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan, dan bandara saat mengakses moda transporrasi mudik.

“Umumnya, pelayanan bagi para penumpang yang tidak maksimal. Kemenhub harus memperbanyak informasi dan edukasi pada semua simpul transportasi massal,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER