Jokowi Yakin Fenomena Pandemi Untungkan Pengusaha Muda

Presiden Joko Widodo

MONITOR, Bogor – Presiden Joko Widodo melihat pandemi telah memberikan perubahan besar dalam suatu negara. Bahkan, tantangan didalamnya membuat berbagai kalangan berpikir keras untuk beradabtasi pada hal-hal baru.

Hal ini diungkapkan Presiden Jokowi saat membuka Rakernas XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Istana Bogor, Jumat 5 Maret 2021 kemarin.

Meski tidak mudah, namun Jokowi optimis para pengusaha muda dapat melewati tantangan yang terjadi selama pandemi berlangsung di Indonesia.

“Saya tahu, tantangan yang dihadapi oleh pengusaha dan dunia usaha setahun terakhir ini tidak mudah. Tapi saya percaya, kader-kader Hipmi tidak mudah menyerah dan tak gampang patah semangat,” kata Jokowi.

Bahkan adanya kompetisi yang ketat, disrupsi ganda berupa revolusi industri 4.0 dan pandemi akan menguntungkan para pengusaha muda karena kemampuan mereka untuk langsung berpindah ke jenis usaha baru atau model bisnis baru yang sekarang baru tren.

“Perjuangan dan kerja keras para pengusaha muda Hipmi akan menjadi energi besar untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju,” tukas Jokowi.